Saturday, September 16, 2017

Sudah Siapkah kita mati???

SUDAH SIAPKAH KITA MATI ?

            Assalamu’alaikum Wr. Wb

Sahabat, mari sejenak kita merenungkan tentang dahsyatnya kematian. Apakah kita sering melihat orang yang telah menemui ajalnya dan pernah membayangkan betapa sakitnya sakaratul maut itu. Bahkan Rasul Allah Swt, Nabi Muhammad SAW amat sangat Kesakitan saat akan dicabut nyawanya oleh Malaikat Izrail. Bahkan Rasulullah SAW pernah berkata kepada tuhannya “ Ya Allah, dahsyatnya sakaratul maut ini, timpakan saya siksa maut ini kepadaku jangan kepada umatku”.

            Kematian juga merupakan akhir dari kehidupan kita selam hidup didunia ini, seperti yang telah dijelaskan dalam surat Al-Haaqqa ayat 27 yang artinya “Wahai kiranya kematian itu yang menyelesaikan segala sesuatu”. Kita harus meninggalkan segala sesuatu yang kita miliki selama di dunia ini seperti keluarga dan harta yang kita miliki. Dan itu semua yang kita milik tidak akan berguna nantinya selain tabungan amal sholeh kita. Lalu, “Sudah siapkah kita meninggalkan dunia ini, dengan amal yang cukup ?”. mungkin pertanyaan ini yang sering muncul di pikiran kita apakah nantinya kita bisa berkumpul dengan para nabi atau wali atau malah sebaliknya kita akan bertemu dengan manusia dan binatang yang bermnacam-macam bentuk rupa

            Tapi, jika kita bandingkan antara pahala dan dosa kita, mungkin lebih banyak dosa yang kita miliki dan belum tentu kita mampu menebus semua dosa yang pernah kita lakukan kecuali bertaubat nasuha. Karena mungkin selama ini kita lebih mengejar dunia dan menghiraukan kehidupan sesungguhnya yaitu kehidupan di akherat kelak. Jika setiap hidupnya Rasulullah SAW selalu beristighfar 100 kali dali sehari, dan selalu menyebut nama Allah dalam setiap nafasnya. “Lalu berapa yang kita ucapkan ?”.

            Ayolah sahabat mari kita memperbanyak amal sholeh kita, kita tidak tahu kapan sakaratul maut akan menjemput kita dan kita pun tidak akan bisa untuk mengelaknya lagi, seperti yang telah dijelaskan dalam surah al Munafiqoon ayat 11 yang artinya “Dan Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila telah datang waktu kematiannya. Dan Allah maha mengenal apa yang kamu kerjakan”.

            Semoga dengan tulisan artikel singkat ini pembaca bisa terketuk hatinya agar lebih mendalami ilmu agama agar kita selalu mendapatkan cinta dan kasih Allah SWT. Dan yang lebih penting mengingat kematian karena kehidupan didunia ini tidak ada yang kekal dan abadi kecuali Allah SWT.

Wassalamu alaikum Wr. Wb




No comments:

Post a Comment